MAKALAH LINGKUNGAN
BISNIS
PERAN BAHASA DALAM BISNIS
Nama : Zainnun Akhdan Mathofani
NIM :
17.96.0132
Kelas : S1 Ilmu Komunikasi 02
BAB I
PENDAHULUAN
ABSTRAK
Bahasa merupakan salah satu komponen yang
sangat penting di berbagai bidang. Semua orang di dunia ini pasti setiap hari
menggunakan bahasa, baik bahasa verbal (
dengan kata-kata) maupun non verbal (dengan tingkah laku). Dalam bidang ekonomi
bisnis bahasa juga sangat berperan penting.
"Berburu laba bermodal kata" adalah
salah satu pedoman para bebisnis. Peran bahasa dalam bidang bisnis yaitu untuk
memperkenalkan barang yang kita buat dan mempromosikan kepada konsumen. Jadi
bahasa salah satu faktor yang dapat mendorong majunya bisnis dan sektor ekonomi
untuk menaikan nila jual dan menarik minat pembeli.
BAB II
PEMBAHASAN
Bahasa merupakan
salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita tidak
berbahasa kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain begitu pula dalam
hal bisnis bahasa menduduki peran yang sangat penting karena kita perlu adanya
komunikasi dan promosi dengan konsumen.
Komunikasi yang baik dan menarik dapat membuat hati konsumen tertarik
dan berminat untuk membeli produk
kita. Di dalam berbisnis kita wajib
mengiklankan produk kita kepada konsumen dengan bahasa yang menarik.
dalam berbisnis kita perlu adanya komunikasi dengan
konsumen komunikasi adalah suatu Proses penyampaian dan penerimaan pesan atau
informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang
positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Sedagkan Komunikasi
bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki
tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol –
simbol atau sinyal.. Di www.amikom.ac.id ada sebuah kuliah lingkungan bisnis ada lingkungan hukum, bahasa, dll.
Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses
komunikasi, yaitu :
a. Pengirim pesan (sender atau komunikator)
b. Pesan yang dikirimkan (message)
c. Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery channel
atau media)
d. Penerima pesan (receiver atau komunikan); dan
e. Umpan balik (feedback) atau effectUntuk dapat
mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif.
Syarat bahasa sebagai sarana komunikasi dalam lingkungan
bisnis diantaranya:
A. Efektif kreatif sensitif
B. Tidak ada gangguan
C. Sikap pisitif
PERANAN KOMUNIKASI DALAM BISNIS
1. Komunikasi dengan Pasar
setiap
pengusaha harus berusaha untuk dapat menutup jurang yang terbentang antara produsen
dengan masyarakat konsumen selaku calon pembeli atau pemakai barang atau jasa
yang dihasilkannya. Menjadi tugas dan tanggung jawabnya selaku seorang
pengusaha untuk selalu dapat mempengaruhi besarnya permintaan akan barang hasil
produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk mencari pembeli dan pemakai
barang yang dihasilkannya.Di bidang bisnis biasanya bahasa digunakan sebagai
alat promosi dan juga pemasaran.Contohnya iklan suatu produk tanpa adanya
bahasa yang baik dan menarik tentu masyarakat tidak akan tertarik pada produk
tersebut.
2. Konsep Dasar dan Peranan
Komunikasi merupakan aktivitas
dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama
lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di
pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia
yang tidak akan terlibat dalam konunikasi.
Pentingnya
komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu
organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan
dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak
adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan.
Begitu
pula dalam berbisnis jika kita tidak pandai pandai berkomunikasi dengan
konsumen konsumen kurang tertarik dengan adanya produk kita konsumen kurang
memahami adanya produk kita jadi komunikasi adalah hal yang penting dalam
berbisnis
BAB III
PENUTUP
Jadi
bahasa adalah faktor penting dalam kehidupan brgitupula dalam bbisnis bahasa
sangat di perlukan untuk promosi dan menawarkan produk kita ke konumem
selain Selain itu bahasa juga
sangat penting untuk bekerjasama dengan Klien Klien.Promosi adalah hal yang terpenting dalam berbisnis dengan bahasa promosi yang menarik maka konsumen pun juga akan tertarik dengan produk apa yang kita jual sekian karya ilmiah peran bahasa dalam lingkungan bisnis yang saya buat semoga bermanfaat
REVERENSI
- http://catataninformatikaku.blogspot.co.id/2017/02/tugas-akhir-karya-ilmiah-lingkungan.html?m=1
-
https://www.google.co.id/amp/s/munikasulistiawati.wordpress.com/2013/10/13/komunikasi-bisnis-lengkap/amp/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar