MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS PERAN BAHASA DALAM BISNIS



MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS
 PERAN BAHASA DALAM BISNIS






                       Nama           :  Zainnun Akhdan Mathofani
                       NIM              :  17.96.0132
                        Kelas            : S1 Ilmu Komunikasi 02


 





BAB I
PENDAHULUAN

ABSTRAK

          Bahasa merupakan salah satu komponen yang sangat penting di berbagai bidang. Semua orang di dunia ini pasti setiap hari menggunakan bahasa,  baik bahasa verbal ( dengan kata-kata) maupun non verbal (dengan tingkah laku). Dalam bidang ekonomi bisnis bahasa juga sangat berperan penting.
          "Berburu laba bermodal kata" adalah salah satu pedoman para bebisnis. Peran bahasa dalam bidang bisnis yaitu untuk memperkenalkan barang yang kita buat dan mempromosikan kepada konsumen. Jadi bahasa salah satu faktor yang dapat mendorong majunya bisnis dan sektor ekonomi untuk menaikan nila jual dan menarik minat pembeli.

 




BAB II
PEMBAHASAN

   Bahasa merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita tidak berbahasa kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain begitu pula dalam hal bisnis bahasa menduduki peran yang sangat penting karena kita perlu adanya komunikasi dan promosi dengan konsumen.  Komunikasi yang baik dan menarik dapat membuat hati konsumen tertarik dan  berminat untuk membeli produk kita.  Di dalam berbisnis kita wajib mengiklankan produk kita kepada konsumen dengan bahasa yang menarik.
‌ dalam berbisnis kita perlu adanya komunikasi dengan konsumen komunikasi adalah suatu Proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.  Sedagkan Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol – simbol atau sinyal.. Di www.amikom.ac.id  ada sebuah kuliah lingkungan bisnis ada lingkungan hukum, bahasa, dll.
Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses komunikasi, yaitu :
a. Pengirim pesan (sender atau komunikator)
b. Pesan yang dikirimkan (message)
c. Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery channel atau media)
d. Penerima pesan (receiver atau komunikan); dan
e. Umpan balik (feedback) atau effectUntuk dapat mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif. 
Syarat bahasa sebagai sarana komunikasi dalam lingkungan bisnis diantaranya:
A. Efektif kreatif sensitif
B.  Tidak ada gangguan
C.  Sikap pisitif
PERANAN KOMUNIKASI DALAM BISNIS
1. Komunikasi dengan Pasar
        setiap pengusaha harus berusaha untuk dapat menutup jurang yang terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen selaku calon pembeli atau pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya. Menjadi tugas dan tanggung jawabnya selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat mempengaruhi besarnya permintaan akan barang hasil produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk mencari pembeli dan pemakai barang yang dihasilkannya.Di bidang bisnis biasanya bahasa digunakan sebagai alat promosi dan juga pemasaran.Contohnya iklan suatu produk tanpa adanya bahasa yang baik dan menarik tentu masyarakat tidak akan tertarik pada produk tersebut.
2.  Konsep Dasar dan Peranan
        Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam konunikasi.
       Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan.
         Begitu pula dalam berbisnis jika kita tidak pandai pandai berkomunikasi dengan konsumen konsumen kurang tertarik dengan adanya produk kita konsumen kurang memahami adanya produk kita jadi komunikasi adalah hal yang penting dalam berbisnis




BAB III
PENUTUP


             Jadi bahasa adalah faktor penting dalam kehidupan brgitupula dalam bbisnis bahasa sangat di perlukan untuk promosi dan menawarkan produk kita ke konumem
            selain Selain itu bahasa juga sangat penting untuk bekerjasama dengan Klien Klien.
Promosi  adalah hal yang terpenting dalam berbisnis dengan bahasa promosi yang menarik maka konsumen pun juga akan tertarik dengan produk apa yang kita jual sekian karya ilmiah peran bahasa dalam lingkungan bisnis yang saya buat semoga bermanfaat


REVERENSI


  • http://catataninformatikaku.blogspot.co.id/2017/02/tugas-akhir-karya-ilmiah-lingkungan.html?m=1
  • https://www.google.co.id/amp/s/munikasulistiawati.wordpress.com/2013/10/13/komunikasi-bisnis-lengkap/amp/
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Kereta Api Sancaka

Kereta Api Sancaka Yogyakarta - Surabaya Gubeng KA Sanca Di antara dua Jembatan Sugai Di Solo By : @angin_railfans Hai lur ….setela...